Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kreativitas, dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengelasan siswa di SMKN 6 Batam. Kompetensi pengelasan merupakan salah satu keterampilan penting dalam dunia industri yang membutuhkan perpaduan kemampuan teknis dan non-teknis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa jurusan Teknik Pengelasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pengelasan di SMKN 6 Batam, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel independen, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kreativitas, dan motivasi belajar, mempengaruhi kompetensi pengelasan siswa sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intelektual dan kreativitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengelasan siswa sedangkan variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan motivasi belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengelasan siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan kemampuan non-teknis selain kemampuan teknis dalam meningkatkan kompetensi siswa di bidang pengelasan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak sekolah dalam merancang strategi pembelajaran yang holistik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.