DSpace Repository

PENGARUH KESOPANAN, DAYA TANGGAP, JAMINAN, KOMUNIKASI DAN KREDIBILITAS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PELAYANAN PERSAMPAHAN KECAMATAN SAGULUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Deswantara, Indra
dc.contributor.author Hakim, Lukmanul
dc.contributor.author Harahap, Dahrul Aman
dc.date.accessioned 2025-10-07T13:14:11Z
dc.date.available 2025-10-07T13:14:11Z
dc.date.issued 2025-11-07
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/488
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama-sama Kesopanan, Daya Tanggap, Jaminan, Komunikasi dan Kredibilitas terhadap Kepuasan Masyarakat di Pelayanan Persampahan Kecamatan Sagulung. Saat ini Kecamatan Sagulung memiliki armada pengangkut sampah 18 (delapan belas) Pick-Up dan 9 (sembilan) becak motor dengan jumlah petugas kebersihan atau satgas kebersihan 63 (enampuluh tiga) orang dan hari pelayanan Senin sampai dengan Sabtu. Untuk pelayanan persampahan di kawasan industri dan kawasan bisnis dilayani oleh armada pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam. Namun, permasalahan terkait proses pelayanan masih menjadi perhatian di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 79.531 KK (kepala keluarga) warga di Kecamatan Sagulung. Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling menggunakan rumus Slovin 10% jumlah sampel 100 KK (kepala keluarga). Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis secara parsial dapat dilakukan dengan menggunakan uji t, sedangkan pengujian secara simultan dapat dilakukan dengan menggunakan uji F. hasil penelitian menunjukkan (1) Kesopanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi variabel Kesopanan adalah 0,002 (< 0,05). (2) Daya Tanggap terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi Daya Tanggap adalah 0,004 (< 0,05). (3) Jaminan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat. Nilai signifikansi Jaminan adalah 0,020 (< 0,05). (4) Komunikasi memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi Komunikasi adalah 0,000 (< 0,05). (5) Kredibilitas terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi Kredibilitas adalah 0,000 (< 0,05). Berdasarkan uji yang dilakukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 30,356, sedangkan nilai Ftabel sebesar ( 2,311), dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05). Maka secara simultan, variabel Kesopanan, Daya Tanggap, Jaminan, Komunikasi, dan Kredibilitas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject Kesopanan, Daya Tanggap, Jaminan, Komunikasi, Kredibilitas, kepuasan Masyarakat en_US
dc.title PENGARUH KESOPANAN, DAYA TANGGAP, JAMINAN, KOMUNIKASI DAN KREDIBILITAS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PELAYANAN PERSAMPAHAN KECAMATAN SAGULUNG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account