Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama-sama Kesopanan, Daya Tanggap, Jaminan, Komunikasi dan Kredibilitas terhadap Kepuasan Masyarakat di Pelayanan Persampahan Kecamatan Sagulung. Saat ini Kecamatan Sagulung memiliki armada pengangkut sampah 18 (delapan belas) Pick-Up dan 9 (sembilan) becak motor dengan jumlah petugas kebersihan atau satgas kebersihan 63 (enampuluh tiga) orang dan hari pelayanan Senin sampai dengan Sabtu. Untuk pelayanan persampahan di kawasan industri dan kawasan bisnis dilayani oleh armada pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam. Namun, permasalahan terkait proses pelayanan masih menjadi perhatian di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 79.531 KK (kepala keluarga) warga di Kecamatan Sagulung. Teknik pengambilan sampel dengan teknik random sampling menggunakan rumus Slovin 10% jumlah sampel 100 KK (kepala keluarga). Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis secara parsial dapat dilakukan dengan menggunakan uji t, sedangkan pengujian secara simultan dapat dilakukan dengan menggunakan uji F. hasil penelitian menunjukkan (1) Kesopanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi variabel Kesopanan adalah 0,002 (< 0,05). (2) Daya Tanggap terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi Daya Tanggap adalah 0,004 (< 0,05). (3) Jaminan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat. Nilai signifikansi Jaminan adalah 0,020 (< 0,05). (4) Komunikasi memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi Komunikasi adalah 0,000 (< 0,05). (5) Kredibilitas terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi Kredibilitas adalah 0,000 (< 0,05). Berdasarkan uji yang dilakukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 30,356, sedangkan nilai Ftabel sebesar ( 2,311), dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05). Maka secara simultan, variabel Kesopanan, Daya Tanggap, Jaminan, Komunikasi, dan Kredibilitas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat