DSpace Repository

UPAYA PENEGAKAN HAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BRAILLE SEBAGAI SARANA PENUNJANG PEMBELAJARAN KREATIF BAGI SISWA TUNANETRA DI SLBN BATAM DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS

Show simple item record

dc.contributor.author Satria, Ivanika
dc.contributor.author Bhakti, Rizki Tri Anugrah
dc.date.accessioned 2025-10-02T11:32:14Z
dc.date.available 2025-10-02T11:32:14Z
dc.date.issued 2025-10-02
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/460
dc.description.abstract Di dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas termuat dengan jelas rangkaian ketentuan mengenai hak-hak penyandang disabilitas. Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak ditemui berbagai hambatan yang mengakibatkan tidak maksimalnya proses realisasi hak-hak tersebut, khususnya di bidang pendidikan. Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Batam merupakan satu-satunya lembaga pendidikan khusus yang berstatus negeri di kota Batam. Meskipun SLBN Batam dikelola langsung oleh pemerintah, masih terdapat beberapa permasalahan terkait efektifitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran disana, khususnya bagi siswa penyandang disabilitas tunanetra. Metode belajar yang mereka gunakan cenderung monoton dan jauh dari konsep pembelajaran variatif sebagaimana mestinya. Terkait permasalahan tersebut, media Crossword Puzzle Braille hadir sebagai alternatif solusi yang mampu menambah minat, motivasi, spirit, serta memunculkan dan memaksimalkan nilai-nilai potensi yang dimiliki oleh siswa tunanetra di SLBN Batam. Maka penulisan artikel ini mempunyai tujuan untuk meneliti sejauh mana media Crossword Puzzle Braille dapat membantu proses pembelajaran siswa tunanetra di SLBN Batam, serta bagaimana keterkaitan antara penerapan media Crossword Puzzle Braille dalam upaya penegakan HAM bila ditinjau dari Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject HAM, Penegakan Hukum, Tunanetra, Kosakata, Puzzle, Braille en_US
dc.title UPAYA PENEGAKAN HAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BRAILLE SEBAGAI SARANA PENUNJANG PEMBELAJARAN KREATIF BAGI SISWA TUNANETRA DI SLBN BATAM DITINJAU DARI UU NO. 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account