Abstract:
Kecamatan merupakan organisasi pemerintah yang melaksanakan pelayanan
publik langsung ke masyarakat. Kecamatan Sagulung merupakan salah satu kecamatan
yang berada di Kota Batam yang memiliki jumlah penduduk terpadat. Bagaimana
Efektivitas Kinerja Pegawai Kecamatan Sagulung Kota Batam Dalam Pelayanan
Elektronik Kartu Tanda Penduduk tahun 2022. Penelitian ini memiliki tujuan yang mana
untuk mengidentifikasi masalah dan mengetahui kinerja pegawai Kecamatan Sagulung
Kota Batam dalam pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk tahun 2022.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Observasi, wawancara,
dan dokumentasi merupakan teknik dalam pengumpulan data penelitian. Teori efektivitas
menurut Haris Lubis dan Martani Huseini dengan menggunakan indikator pendekatan
sumber (resourse approach), pendekatan proses (proses approach), dan pendekatan
sasaran (goals approach). Hasil Penelitian ini menujukan bahwa blangko e-KTP yang
terbatas di Kecamatan Sagulung membuat permohonan pembuatan e-KTP mengalami
keterlambatan dan tidak hanya itu, sistem jaringan juga salah satu mengalami gangguan
dalam memberikan pelayanan e-KTP. Selain banyak calo atau wira jasa yang merusak
penyelenggaraan pelayanan publik.
Masyarakat harus mematuhi tahapan pelayanan publik yang di selenggarakan
Pemerintah. Pegawai Kecamatan Sagulung berkewajiban dalam meningkatkan
kepercayaan kinerja Kecamatan Sagulung dalam pelayanan Elektronik Kartu Tanda
Penduduk. Masyarakat berharap kepastian penyelesaian dalam pengurusan Kartu Tanda
Penduduk, karena pelayanan yang efektif akan menciptakan kepastian dalam menjalankan
prosedur.