DSpace Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Tambunan, Hera Rogate
dc.contributor.author Agustyaningrum, Nina
dc.contributor.author Husna, Asmaul
dc.date.accessioned 2025-10-23T13:18:52Z
dc.date.available 2025-10-23T13:18:52Z
dc.date.issued 2025-10-23
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/628
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Team Assisted Individualization melalui pendekatan konstruktivisme ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMAN 4 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Batam tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 157 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplin dimana kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 siswa dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen essay test dengan nilai reliabel pre-test 0,721 dan post-test 0,678. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization melalui pendekatan konstruktivisme efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig (0,043) < α (0,05) , (2) Penggunakan model pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa yang ditunjukkan nilai Sig (0,528) ≥ α (0,05), (3) Tidak terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran Team Assisted Individualization melalui pendekatan konstruktivisme dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dengan Sig (0,080) > α (0,05). en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject Team Assisted Individualization, Konstruktivisme, pemahaman konsep matematis en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account