Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Team Assisted Individualization melalui pendekatan konstruktivisme ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMAN 4 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Batam tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 157 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplin dimana kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 siswa dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen essay test dengan nilai reliabel pre-test 0,721 dan post-test 0,678. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization melalui pendekatan konstruktivisme efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig (0,043) < α (0,05) , (2) Penggunakan model pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa yang ditunjukkan nilai Sig (0,528) ≥ α (0,05), (3) Tidak terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran Team Assisted Individualization melalui pendekatan konstruktivisme dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dengan Sig (0,080) > α (0,05).