DSpace Repository

PENGARUH KEANDALAN, KEAMANAN, DAYA TANGGAP, JAMINAN DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PEMKO TANJUNGPINANG

Show simple item record

dc.contributor.author Mutia, R. Leila
dc.contributor.author Hakim, Lukmanul
dc.contributor.author Azis, Dhenny Asmarazisa
dc.date.accessioned 2025-10-17T09:04:47Z
dc.date.available 2025-10-17T09:04:47Z
dc.date.issued 2025-10-17
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/568
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keandalan, keamanan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemko Tanjungpinang. Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengendalikan jumlah penduduk serta menciptakan keluarga yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Tanjungpinang yang tercatat sebanyak 30.692 orang dengan menggunakan rumus slovin populasi diperkecil mejadi 100 orang untuk menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis secara parsial dapat dilakukan dengan menggunakan uji t, sedangkan pengujian secara simultan dapat dilakukan dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keandalan, keamanan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Nilai signifikansi masing-masing variabel adalah 0,000 (< 0,05) dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (1,986), yaitu keandalan (10,584), keamanan (4,092), daya tanggap (5,505), jaminan (4,460), dan empati (5,287). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas terkait, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan program KB. en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject Keandalan, Keamanan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Masyarakat. en_US
dc.title PENGARUH KEANDALAN, KEAMANAN, DAYA TANGGAP, JAMINAN DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PEMKO TANJUNGPINANG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account