Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, brand image, fasilitas, lokasi dan promosi terhadap keputusan orang tua memilih SMP Plus Al Kaffah Batam. Jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa sebanyak 197 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 132 orang dari 197 orang. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan menggunakan uji t, pengujian secara simultan dilakukan dengan menggunakan uji F. hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan terhadap keputusan orang tua memilih. Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung 5,303>ttabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan brand image terhadap keputusan orang tua memilih. Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung 5,881>ttabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas terhadap keputusan orang tua memilih. Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung 7,117>ttabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lokasi terhadap keputusan orang tua memilih sekolah. Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung 2,337>ttabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,021<0,05. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap keputusan orang tua memilih. Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung 2,722>ttabel 2,042, dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan uji yang dilakukan diperoleh nilai F Fhitung 58,450 > FTabel 2,66, dan nilai signifikansi 0,000<0,05.