Abstract:
Penelitian ini membahas perancangan sistem kelas hybrid berbasis
otomatisasi sensor dan tata letak ruang yang terintegrasi dengan sistem
UPS darurat sebagai solusi pembelajaran yang inklusif dan tahan
gangguan. Studi kasus dilakukan di sebuah ruang kelas perguruan
tinggi yang menerapkan pembelajaran campuran antara daring dan
luring. Sistem dirancang dengan integrasi sensor gerak, untuk
mengoptimalkan kenyamanan dan efisiensi energi. Tata letak ruang
disusun secara ergonomis untuk mendukung interaksi dua arah antara
peserta daring dan luring, dengan penempatan perangkat audio-visual
yang strategis. UPS darurat digunakan untuk menjaga kontinuitas daya
pada perangkat kritis seperti komputer, kamera, dan jaringan internet
saat terjadi pemadaman listrik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem kelas hybrid
yang mampu mendukung pembelajaran daring dan luring secara
simultan dengan efisiensi operasional dan kenyamanan lingkungan
belajar. Sistem ini dirancang dengan penerapan sensor otomatis seperti
gerak untuk mengatur kondisi ruang secara real-time, serta penataan
ruang kelas yang ergonomis guna memaksimalkan interaksi antara
peserta didik dan perangkat pendukung pembelajaran. Selain itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan sistem UPS darurat
sebagai solusi cadangan daya agar perangkat penting tetap berfungsi
saat terjadi pemadaman listrik, serta mengevaluasi efektivitas sistem
secara menyeluruh dalam meningkatkan kenyamanan, efisiensi energi,
dan kontinuitas proses pembelajaran hybrid.