DSpace Repository

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA RADMILA

Show simple item record

dc.contributor.author Jannah, Putri Cahya Mega Miftahul
dc.contributor.author Ramdani
dc.contributor.author Marpaung, Junierissa
dc.contributor.author Yanizon, Ahmad
dc.date.accessioned 2025-10-14T11:23:35Z
dc.date.available 2025-10-14T11:23:35Z
dc.date.issued 2025-10-14
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/534
dc.description.abstract Regulasi emosi tidak hanya berkaitan dengan kesejahteraan pribadi, tetapi juga mempengaruhi kemampuan sosial remaja dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Salah satu strategi yang diangggap efektif dalam mendukung pengembangan regulasi emosi adalah melalui layanan bimbingan konseling. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan regulasi emosi siswa kelas VII di SMP Swasta Radmila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan one group pretest and posttest design. Populasi siswa kelas VII Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 59 orang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel berjumlah 15 orang siswa. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan regulasi emosi siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis wilcoxon signed-rank test hasil regulasi emosi siswa setelah perlakuan (menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing) menunjukkan hasil Assym. Sig (2 tailed) adalah 0,001 < 0,005, berarti H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan regulasi emosi siswa kelas VII di SMP Swasta Rad en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Regulasi Emosi en_US
dc.title PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA RADMILA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account