Abstract:
Regulasi emosi tidak hanya berkaitan dengan kesejahteraan pribadi, tetapi juga mempengaruhi
kemampuan sosial remaja dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Salah satu strategi yang
diangggap efektif dalam mendukung pengembangan regulasi emosi adalah melalui layanan
bimbingan konseling. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan regulasi emosi siswa kelas
VII di SMP Swasta Radmila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
pre-experimental dengan one group pretest and posttest design. Populasi siswa kelas VII Tahun
Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 59 orang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling,
sampel berjumlah 15 orang siswa. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terdapat
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan regulasi
emosi siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis wilcoxon signed-rank test hasil regulasi
emosi siswa setelah perlakuan (menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role
playing) menunjukkan hasil Assym. Sig (2 tailed) adalah 0,001 < 0,005, berarti H0 ditolak Ha
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan
teknik role playing dapat meningkatkan regulasi emosi siswa kelas VII di SMP Swasta Rad