Abstract:
: Pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas merupakan salah satu prioritas pemerintah daerah dalam memberikan layanan publik yang efektif dan efisien. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang merupakan instansi pemerintah daerah yang dibentuk untuk mengelola administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Jenis penelitian kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Assurance terhadap kepuasan masyarakat di Disduk Capil Pemko Tanjungpinang (2) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Responsiveness terhadap kepuasan masyarakat di Disduk Capil Pemko Tanjungpinang (3) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Empathy terhadap kepuasan masyarakat di Disduk Capil Pemko Tanjungpinang (4) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Tangible terhadap kepuasan masyarakat di Disduk Capil Pemko Tanjungpinang (5) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Kesopanan terhadap kepuasan masyarakat di Disduk Capil Pemko Tanjungpinang (6) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Assurance, Responsiveness, Empathy, Tangible, Dan Kesopanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat di Disduk Capil Pemko Tanjungpinang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis secara parsial dapat dilakukan dengan menggunakan uji t, sedangkan pengujian secara simultan dapat dilakukan dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan (1) Assurance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi variabel Assurance adalah 0,00 (< 0,05). (2) Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi 0,00 (< 0,05). (3) Empathy berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi 0,00 (< 0,05). (4) Tangible berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi 0,00 (< 0,05). (5) Assurance berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai signifikansi 0,00 (< 0,05). Berdasarkan uji yang dilakukan diperoleh nilai F-hitung sebesar 51,017, sedangkan nilai Ftabel sebesar 2,311, dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05). Maka secara simultan, variabel Assurance, Responsiveness, Empathy, Tangible, dan Kesopanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat.