| dc.description.abstract |
Bank Riau Kepri Syariah pada wilayah Batam terdapat satu Kantor Cabang, lima Kantor Cabang Pembantu, dan tiga Kantor Kedai Bank Riau Kepri Syariah yang sudah beroperasi. Namun untuk membawa pelanggan bertahan pada suatu produk atau layanan tertentu sangatlah sulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Brand Image, Responsiveness, CRM, Assurance dan Keamanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank Riau Kepri Syariah Cabang Batam. Jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 56.000 nasabah dan diperkecil dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 100 nasabah untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis secara parsial dapat dilakukan dengan menggunakan uji t, sedangkan pengujian secara simultan dapat dilakukan dengan menggunakan uji F. hasil penelitian menunjukkan (1) Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Nilai t-hitung sebesar 4,037 lebih besar dari t-tabel (1,986). (2) Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Nilai t-hitung sebesar 3,680 lebih besar dari t-tabel (1,986). (3) CRM berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Nilai t-hitung sebesar 4,794 lebih besar dari t-tabel (1,986). (4) Assurance berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Nilai t-hitung sebesar 2,287 lebih besar dari t-tabel (1,986). (5) Keamanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Nilai t-hitung sebesar 4,704 lebih besar dari t-tabel (1,986). Berdasarkan uji yang dilakukan diperoleh F-hitung sebesar 32,270, sedangkan nilai F-tabel adalah 2,311, dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05). Maka secara simultan, variabel Brand Image, Responsiveness, Customer Relationship Management (CRM), Assurance, dan Keamanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. |
en_US |