DSpace Repository

Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media canva terhadap hasil belajar matematika siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhasikin, Nonika Alifya
dc.contributor.author Putra, Jaya Dwi
dc.contributor.author Amelia, Fitrah
dc.date.accessioned 2025-10-07T08:50:50Z
dc.date.available 2025-10-07T08:50:50Z
dc.date.issued 2025-10-07
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/479
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Al Muttaqin Batam dengan sampel kelas terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen VII 3 yang menggunakan model Problem based learning barbantuan media Canva dan kelas kontrol VII 1 yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji instrument menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Analisis data menggunakan one sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen adalah 75,60 dengan simpangan baku 8,689, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 61,69 dengan simpangan baku 12,201. Model Problem Based Learning berbantuan Canva lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Canva secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika en_US
dc.title Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan media canva terhadap hasil belajar matematika siswa en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account