Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin
Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh
siswa kelas VII MTs Al Muttaqin Batam dengan sampel kelas terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen
VII 3 yang menggunakan model Problem based learning barbantuan media Canva dan kelas kontrol
VII 1 yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan
Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji instrument menggunakan
uji Validitas dan Reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Analisis data menggunakan one
sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa di kelas eksperimen adalah 75,60 dengan simpangan baku 8,689, sedangkan
kelas kontrol memiliki rata-rata 61,69 dengan simpangan baku 12,201. Model Problem Based Learning
berbantuan Canva lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Canva
secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.