DSpace Repository

EVALUASI PELAYANAN TRANSPORTASI PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (STUDI KASUS: PELABUHAN RORO PENAGI KABUPATEN NATUNA)

Show simple item record

dc.contributor.author DHESVARIANNIKO, FENDRI
dc.contributor.author Ardi, Nadia Khaira
dc.contributor.author Kusmawan, Edi
dc.date.accessioned 2025-10-06T08:52:10Z
dc.date.available 2025-10-06T08:52:10Z
dc.date.issued 2025-10-06
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/475
dc.description.abstract Pelabuhan Roro Penagi Kabupaten Natuna merupakan salah satu akses keluar daerah yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Kabupaten Natuna. Dalam penelitian beberapa dimensi kualitas jasa layanan (Service Quality) yang menjadi acuan dalam penilaian tingkat kepuasan penumpang di Pelabuhan Roro Penagi Kabupaten Natuna adalah Tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Berdasarkan Analisa Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh kesimpulan dua sub indikator dan/atau atribut jasa yang harus dibenahi dan ditingkatkan dalam pelayanannya yaitu, ketersediaan fasilitas dipelabuhan (A1) yang memperoleh skor kinerja 3,65 dan kebersihan fasilitas di pelabuhan (A2) yang memperoleh skor kinerja 3,71. Sub indikator atau atribut jasa yang memperoleh skor kepuasan terendah adalah proses pembelian tiket di loket cepat dan mudah (B1) yang memperoleh skor kinerja 3,47, sedangkan tertinggi adalah ketersediaan lahan parkir (A4) yang memperoleh skor kinerja 4,24. Berdasarkan Analisa Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh kesimpulan nilai dari indikator bukti fisik (tangibles) adalah 20,558. Kehandalan (reliability) adalah 15,75. Daya tanggap (responsiveness) adalah 16,486. Jaminan (assurance) adalah 16,7. Empati (emphaty) adalah 11,036. Tingkat kepuasan penumpang dan/atau pengguna jasa layanan Pelabuhan Roro Penagi Kabupaten Natuna secara keseluruhan adalah 80,52% (Puas). en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject Kualitas Jasa Layanan, IPA, dan CSI en_US
dc.title EVALUASI PELAYANAN TRANSPORTASI PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (STUDI KASUS: PELABUHAN RORO PENAGI KABUPATEN NATUNA) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account