Abstract:
Untuk mewujudkan kinerja guru yang sesuai harapan, dibutuhkan kepala sekolah
yang profesional karena kepala sekolah menduduki posisi strategis di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengintegrasikan kajian-kajian
literatur sebelumnya mengenai pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap
Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian
dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel,
pembahasan, dan kesimpulan.sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal
nasional tahun 2018-2021. Hasil penelitian dari 16 artikel yang direduksi menjadi 10
artikel sesuai dengan topik judul, menunjukkan bahwa artikel-artikel dan temuantemuan lapangan di sekolah-sekolah tersebut menjelaskan Kepemimpinan Kepala
Sekolah memiliki pengaruh baik positif maupun signifikan terhadap Kinerja Guru
Sekolah Dasa