| dc.contributor.author | ramdhania, Ella puspita | |
| dc.contributor.author | Hermansah | |
| dc.contributor.author | Ismarti | |
| dc.date.accessioned | 2025-12-10T12:35:22Z | |
| dc.date.available | 2025-12-10T12:35:22Z | |
| dc.date.issued | 2025-12-10 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/756 | |
| dc.description.abstract | Berdasarkan survei awal, hasil belajar siswa kelas XI SMK IT DARUSSALAM BOARDING SCHOOL 01 BATAM pada mata pelajaran matematika masih rendah dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengajar, penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK IT DARUSSALAM BOARDING SCHOOL 01 BATAM Tahun Pelajaran 2023/2024, teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang diberikan di awal dan akhir perlakuan. Tes yang diberikan adalah tes tertulis berbentuk soal esai yang sudah diuji validitas, reliabilitas. Banyak soal yang digunakan sebanyak 3 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan uji hipotesis.Didapat hasil sebagai berikut: (1). Penerapan model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan numerasi siswa. | en_US |
| dc.description.sponsorship | UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN | en_US |
| dc.subject | problem based learning, dan kemampuan numerasi. | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA | en_US |
| dc.type | Article | en_US |