Abstract:
Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek penting yang perlu dimiliki siswa dalam mendukung keberhasilan belajar maupun interaksi sosial di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 54 Kota Batam dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen one group pre- test post-test design, diperoleh data bahwa tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama masih berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor
51. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kurang mampu mengemukakan pendapat, merasa canggung saat berbicara di depan umum, dan kurang percaya pada kemampuan diri. Setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama, tingkat kepercayaan diri siswa meningkat secara signifikan. Hasil post-test menunjukkan rata-rata skor 81 dengan kategori tinggi. Peningkatan ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif membantu siswa lebih berani tampil, mampu mengungkapkan pendapat, serta memiliki keyakinan terhadap kemampuan dirinya. Analisis statistik dengan uji Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 juga memperkuat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan