Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan antara perilaku bullying dan kepercayaan diri siswa kelas IX.B di SMPN 31 Batam. Bullying, yang terdiri dari tindakan fisik, verbal, dan relasional, dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis siswa, termasuk menurunkan kepercayaan diri mereka. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana perilaku bullying mempengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa di SMPN 31 Batam. Metode yang diterapkan berupa penelitian kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 36 siswa kelas IX.B. Data dikumpulkan memakai kuesioner yang mengukur tingkat bullying serta kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa memiliki kepercayaan diri sedang (67%) dan perilaku bullying rendah (36%). Uji korelasi menghasilkan nilai r = 0,418 dengan signifikansi 0,011 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat adanya hubungan antara bullying dan kepercayaan diri. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa perilaku bullying berpengaruh negatif PADA kepercayaan diri siswa kelas IX.B di SMP N 31 Batam