DSpace Repository

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 KOTA BATAM

Show simple item record

dc.contributor.author Sijabat, Elysabeth
dc.contributor.author Ramdani
dc.contributor.author Yanizon, Ahmad
dc.contributor.author Marpaung, Junierissa
dc.contributor.author Zulfikar, Raja
dc.date.accessioned 2025-10-14T08:56:37Z
dc.date.available 2025-10-14T08:56:37Z
dc.date.issued 2025-10-14
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/528
dc.description.abstract Penurunan prestasi belajar siswa SMP semakin terlihat di era digital, salah satunya disebabkan oleh tingginya penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Kota Batam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel berjumlah 198 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin dari populasi 394 siswa. Instrumen penelitian berupa angket intensitas penggunaan media sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitas, serta dokumentasi nilai rapor siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan prestasi belajar (r = -0,359; p < 0,05). Uji regresi sederhana menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 12,9% terhadap prestasi belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial, semakin rendah prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, pengawasan dan bimbingan dari guru maupun orang tua diperlukan agar penggunaan media sosial lebih seimbang dengan aktivitas belajar. en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject media sosial, intensitas penggunaan, prestasi belajar en_US
dc.title PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 KOTA BATAM en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account