Abstract:
Fenomena yang terjadi adalah banyak siswa kelas XII yang belum memiliki pemahaman karir yang memadai. Mereka belum mengenal berbagai jenis profesi, tidak memahami hubungan antara jurusan kuliah dan lapangan kerja, serta belum mengenal potensi dan minat dirinya secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa sebelum diberikan layanan informasi siswa kelas XII SMA Negeri 23 Batam. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman karir siswa setelah diberikan Layanan Informasi kelas XII SMA Negeri 23 Batam. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan informasi terhadap pemahaman karir siswa kelas XII SMA Negeri 23 Batam. Jenis penelitian kuantitatif, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre- experimental dengan teknik eksperimen one group pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini populasi secara keseluruhan adalah siswa kelas XII Program studi IPS 1 SMA Negeri 23 Batam yang berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling berjumlah 77 orang dimana kriterianya adalah siswa yang memiliki pemahaman rendah terhadap karir. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung penelitian 20,093 > t tabel 1,943, terdapat perbedaan tingkat Pemahaman Karir sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan informasi. Ha diterima artinya terdapat pengaruh antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) layanan informasi dan artinya perlakuan (treatment) yang diberikan memberikan efek positif terhadap siswa