DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Marpaung, Carlos Bettran Daniel
dc.contributor.author Hermansah
dc.contributor.author Putra, Jaya Dwi
dc.date.accessioned 2025-10-07T10:52:06Z
dc.date.available 2025-10-07T10:52:06Z
dc.date.issued 2025-10-07
dc.identifier.uri http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/481
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Tunas Muda Berkarya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa proses pembelajaran di kelas sering kali masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga siswa kurang aktif, kurang kreatif, serta hasil belajar yang diperoleh belum optimal. Model pembelajaran CTL dipandang sebagai salah satu alternatif solusi karena menekankan keterkaitan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa, mendorong keterlibatan aktif, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII pada salah satu sekolah menengah pertama, sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yang dibagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar yang telah diuji Hipotesisnya dan memiliki perbedaan yang signifikan en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN en_US
dc.subject CTL, hasil belajar, dan motivasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account