| dc.contributor.author | Marpaung, Carlos Bettran Daniel | |
| dc.contributor.author | Hermansah | |
| dc.contributor.author | Putra, Jaya Dwi | |
| dc.date.accessioned | 2025-10-07T10:52:06Z | |
| dc.date.available | 2025-10-07T10:52:06Z | |
| dc.date.issued | 2025-10-07 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unrika.ac.id/handle/123456789/481 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Tunas Muda Berkarya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa proses pembelajaran di kelas sering kali masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga siswa kurang aktif, kurang kreatif, serta hasil belajar yang diperoleh belum optimal. Model pembelajaran CTL dipandang sebagai salah satu alternatif solusi karena menekankan keterkaitan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa, mendorong keterlibatan aktif, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII pada salah satu sekolah menengah pertama, sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yang dibagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar yang telah diuji Hipotesisnya dan memiliki perbedaan yang signifikan | en_US |
| dc.description.sponsorship | UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN | en_US |
| dc.subject | CTL, hasil belajar, dan motivasi belajar | en_US |
| dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika | en_US |
| dc.type | Article | en_US |