Abstract:
Perundungan merupakan permasalahan yang sering terjadi di kalangan siswa SMA, baik dalam bentuk verbal, fisik, ataupun sosial. Rendahnya kesadaran diri siswa terhadap dampak perilaku mereka menjadi salah satu faktor yang utama menyebabkan tindakan perundungan terus berulang di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kesadaran diri siswa kelas X SMA Negeri 23 Batam terhadap perundungan dengan menggunakan bimbingan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan informasi efektiv dalam meningkatkan kesadaran diri terhadap perundungan pada siswa kelas X SMA Negeri 23 Batam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain satu grup pretest posttest.Sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas X SMA Negeri 23 Batam. Pengambilan sampel metode penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket skala likert berskala 1-5. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,005), yang berarti terdapat perbedaan signifikansi antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, layanan informasi yang diberikan terbukti efektiv dalam meningkatkan kesadaran diri siswa terhadap perundungan.