Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPS Harapan Bangsa Batam. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan oleh rendahnya motivasi, kurang menariknya metode pembelajaran, serta penggunaan media yang belum optimal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain posttest-only control group. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, masing- masing berjumlah 15 siswa. Kelas eksperimen diajar dengan model Discovery Learning menggunakan media audiovisual, sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,80, sedangkan kelas kontrol 63,07. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan dukungan media audiovisual dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi, serta hasil belajar matematika siswa secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran ini layak diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah menengah pertama.