dc.contributor.author |
ABRA, EH |
|
dc.date.accessioned |
2025-04-15T07:56:21Z |
|
dc.date.available |
2025-04-15T07:56:21Z |
|
dc.date.issued |
2025-01-01 |
|
dc.identifier.citation |
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/aldli/article/view/14131/7241 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2477-0124 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/396 |
|
dc.description |
Sejak pemilihan umum pertama tahun 1955 hingga hari ini, telah berlangsung 12
(dua belas) kali pemilihan umum dibawah rezim konstitusi yang berbeda-beda (Silalahi et
al., 2021). Sepanjang itupun negara mencari formula lembaga penyelenggara pemilihan
umum yang terbaik. Keberadaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini adalah hasil dari
perjalanan panjang pencarian bentuk penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia. KPU
lahir dari beragam perombakan bangunan kelembagaan pemilu. Negara terus berupaya
mencari format terbaiknya dari jumlah anggota, asal anggota, masa jabatan, tujuan,
kewajiban dan masih banyak lagi usaha yang terus negara lakukan demi menjadikan KPU
mendekati Lembaga penyelenggara pemilu berintegritas.
Perjalanan KPU berawal dari tahun 1955 dibentuknya Panitia Pemilihan Indonesia
(PPI) pada masa Soekarno. Kemudian berubah menjadi Lembaga Pemilihan Umum (LPU)
pada masa Soeharto. Hingga akhirnya reformasi membuktikan perubahan tatanan
kenegaraan salah satunya lembaga penyelenggara pemilihan umum yang kemudian berubah
nama menjadi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tahun 1999 melalui Keputusan
Presiden Nomor 16 Tahun 1999. Saat itu keanggotan KPU dari unsur wakil pemerintah dan
juga wakil partai politik (PARPOL). Hingga akhirnya amandemen ke-3 konstitusi tahun
2001, dihidupkanlah Pasal 22E UUD 1945 yang menegaskan bahwa “pemilihan umum
diselenggarakan oleh suatu komisi pemilihan umum yang bersifat nasional, tetap, dan
mandiri” (Kliwantoro, 2023). Dengan menggunakan frasa “mandiri” akhirnya KPU saat itu
bertransformasi hingga hari ini dengan menjadikan anggota KPU wajib non-partisan yang
harus bebas dari kepentingan dan keterikatan dari manapun. |
en_US |
dc.description.abstract |
Several KPU Regulations (PKPU) are very problematic in the democratic journey of Indonesian general
elections. The problems that will be studied include the requirement for a 30% percentage of women in political
parties in general elections (elections), reporting assets, and reporting campaign fund donations. This research
aims to determine how problematic the PKPU is in the 2024 general election. In this research, the author uses a
doctrinal or normative method with primary data sources from various relevant legal materials which are then
analyzed using qualitative descriptive methods. Some of the problems above cause a loss of law enforcement and
have the potential to cause problems with the integrity of general election participants. This problem became
increasingly endless when the PKPU regarding the percentage of women and the conditions for ex-convicts
submitted a judicial review to the Supreme Court and was granted. However, the KPU still did not implement
the Supreme Court decision. This not only harms law enforcement, but is also one of the roots of democracy
problems in the 2024 general election in Indonesia. If the KPU is the sole constitutional implementer of the
democratic election party, but various issues of legal compliance and regulatory problems do not have good
problem resolution, then the KPU sets a bad precedent for the course of democracy, as well as hurting the
values of the constitution itself. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
https://repository.unrika.ac.id/ |
en_US |
dc.language.iso |
en |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal Nasional Terakredetasi peringkat 3 (sinta 3): Al-Adl : Jurnal Hukum |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 17, No 1;1-14 |
|
dc.subject |
Problematic; General Election Commission Regulations; General elections. |
en_US |
dc.title |
PROBLEMATIKA KEPATUHAN DAN PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM PEMILIHAN UMUM INDONESIA TAHUN 2024 |
en_US |
dc.title.alternative |
PROBLEMATIKA KEPATUHAN DAN PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM PEMILIHAN UMUM INDONESIA TAHUN 2024 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |